Lompat ke isi utama
x

Kurikulum

Kurikulum Magister Konservasi Sumberdaya Lahan

Beban studi Program Magister Konservasi Sumberdaya Lahan sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 42 SKS yang dijadwalkan untuk 3 (tiga) semester dengan masa penyelesaian maksimum 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis.

Penyusunan kurikulum Program Studi Magister KSDL didasarkan pada ketentuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu Pasal 35 ayat (2) Standar nasional pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum. Selain itu juga didasarkan pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, ayat (3) Kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk setiap program studi, ayat (4) kerangka dasar dan kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk setiap program studi. Selain itu juga berpijak pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Menurut Pasal 9 disebutkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi terdiri dari kelompok mata kuliah yaitu: MPK (pengembangan kepribadian), MKK (keilmuan dan ketrampilan), MKB (keahlian berkarya), MPB (perilaku berkarya), MBB (berkehidupan bermasyarakat).

KOMPOSISI KURIKULUM

Penyusunan kurikulum dilakukan sedemikian rupa sehingga jelas adanya link dengan tuntutan perkembangan kebutuhan pasar masa kini dan masa akan datang. Berdasarkan ketentuan tersebut maka kurikulum pendidikan pada Program Studi Magister Konservasi Sumberdaya Lahan terdiri atas:

a). Mata Kuliah Metodologi Keilmuan sebanyak 4 SKS (10%),

b). Mata Kuliah Dasar Keahlian Wajib, yaitu mata kuliah dasar yang diperlukan untuk mendalami ilmu konservasi sumberdaya lahan, sebanyak 23 SKS (59%),

c). Mata Kuliah Keahlian Pilihan yaitu mata kuliah yang diperlukan untuk kekhususan cabang ilmu bidang kajian utama konservasi sumberdaya lahan yang diminati dalam melengkapi pendidikannya, mata kuliah ini ada 2-6 SKS (5-15%), dan

d). Tugas akhir yang merupakan tugas yang wajib diambil oleh mahasiswa untuk mendalami bidang konservasi sumberdaya lahan dengan bimbingan staf akademik yang sesuai dengan minat studi. Tugas akhir terdiri dari kolokium, seminar, dan penelitian/tesis dengan beban 8 SKS (20%). 

KONSENTRASI

Kurikulum Program Studi Konservasi Sumberdaya Lahan terdiri dari dua bidang kajian atau konsentrasi yaitu:

1.    Konservasi dan Reklamasi Sumberdaya Lahan (KSL)

2.    Perencanaan Tata Guna Lahan (PTL)

 

Tabel Struktur Kurikulum Prodi Magister KSDL

/Struktur Kurikulum

/Struktur Kurikulum

/Struktur Kurikulum

/Struktur Kurikulum

/Struktur Kurikulum